Kenapa Bunuh Diri Dosa Besar

Kenapa bunuh diri merupakan dosa besar. Itulah hal yang terlintas dipikiran saya. Kenapa Allah mengganjar bunuh diri dengan neraka jahanam. Dari kata bunuh diri adalah tindakan dengan sengaja melukai hingga menyebabkan kematian pada diri sendiri.

Kemudian saya berpikir lagi kenapa Allah memberi hukuman neraka jahanam bagi pelaku bunuh diri. Banyak pendapat yang saya dengar yaitu
- bunuh diri itu tindakan orang yang putus asa
- bunuh diri tindakan orang yang tidak percaya pertolongan Allah
- bunuh diri tindakan orang yang tidak punya harapan
- bunuh diri tindakan melawan takdir Allah
dan sebagainya

Saya berpikir Allah kan Tuhan, Allah tidak butuh apapun dan siapapun. Kenapa Allah menghukum dengan neraka jahanam. Setelah merenung mencoba mencari jawaban itu, akhirnya kutemukan sebuah jawaban yang saya kira masuk akal jika Allah menghukum pelaku bunuh diri dengan neraka jahanam.

Kenapa Allah menghukum pelaku bunuh diri dengan neraka jahanam, menurut saya adalah tindakan bunuh diri itu tindakan yang menyia-nyiakan pengorbanan yang dilakukan oleh orang tua / pengasuh.

Bayangkan saja seorang ibu hamil selama 9 bulan, menjaga janinnya agar tetap hidup. Sementara sang ayah berusaha memberikan makanan yang baik agar tetap sehat. Begitu terlahir diasuhnya kita dengan kasih sayang. Bayi yang hanya bisa nangis, ngompol & BAB sembarangan betapa repotnya orang tua saat itu. Kemudian tumbuh menjadi balita dengan kenakalan membuat berantakan rumah betapa capeknya orang tua kala itu.
Pengorbanan orang tua mengasuh, memberi makan, mencukupi segala kebutuhan agar apa? Agar kita tetap hidup. Ya, agar kita tetap hidup. Bandingkan dengan sebuah tindakan yang dinamakan bunuh diri. Jadi saya istilahkan tindakan bunuh diri itu merupakan tindakan yang menyia-nyiakan pengorbanan para orang tua selama bertahun-tahun.
Terlebih lagi ada kasus tindakan bunuh diri cuma gara-gara masalah cinta dengan pasangan. Betapa tidak hancur berkeping-keping hati orang tua jika melijat hal itu.
Mungkin karena itulah Allah menghukum pelaku bunuh diri dengan neraka jahanam, Wallahu a'lam.


1 comments:

Anonim mengatakan...

Hmm... Bener juga

Posting Komentar